Wina Februarita


Slackware Linux 10.0 dirilis

Versi 10.0 adalah rilis perdana distro Slackware untuk tahun 2004, melanjutkan sebuah tradisi Slackware lebih dari sepuluh tahun: ramping, stabil dan aman [simplicity, stability, and security]. Dua diantara banyak program yang di-update dan ditingkatkan

Dua diantara banyak program yang di-update dan ditingkatkan adalah most advanced desktop environments yang tersedia saat ini yaitu: GNOME 2.6.1 (termasuk koleksi aplikasi GNOME yang di pre-kompilasi), dan edisi terakhir KDE 3.2.3, sebuah award-winning K Desktop Environment terbaru.

Slackware 10.0 mengemas kernel 2.4.26 by default menyediakan fitur yang memberikan kinerja tinggi seperti ReiserFS journaling filesystem, SCSI & ATA RAID volume support, dan dukungan kernel untuk X DRI (Direct Rendering Interface) yang memungkinkan high-speed hardware accelerated 3D graphics di Linux.

Sementara itu, disediakan modul-modul kernel untuk mendukung hampir semua sistem file journaling yang tersedia untuk Linux termasuk ext3, ReiserFS, IBM's JFS, dan SGI's XFS.

Pengguna Slackware yang ingin memanfaatkan kernel seri 2.6 disediakan modul dan kode sumbernya kernel yang dibutuhkan, versi terbaru precompiled Linux 2.6.7 (berikut panduan: how to install the new kernel).

Mematuhi sebuah tradisi, dari awal Slackware menyediakan sebuah distro Linux yang stabil dan aman, baik untuk veteran UNIX maupun sebuah sistem yang easy-to-use bagi pemula. Petunjuk Instalasi: CD-ROM Installation HOWTO menjelaskan persiapan untuk mendapatkan sistem konfigurasi yang tepat bagi masing-masing pengguna.

Slackware menyertakan semua komponen yang dibutuhkan untuk membangun baik sebuah powerful server maupun workstation. Setiap paket Slackware yang disediakan, dilampirkan petunjuk setup and installation instructions oleh pengembangnya masing-masing guna memuluskan proses setup.

Beberapa fitur utama Slackware 10.0:
  • Jalan langsung dengan kernel Linux versi 2.4.26 dari ftp.kernel.org. Disediakan kernel spesial untuk mendukung perangkat keras seperti SCSI controllers, USB keyboards & mice, parallel-port IDE devices, IBM PS/2 machines dengan Microchannel bus, dan bahkan speech synthesizers yang bermanfaat bagi pengguna tuna netra misalnya. Kinerja dari kernel seri 2.4.x bersama Slackware's track record yang peduli dan seksama menangani sistem sekuriti menjadikan ia sebuah pilihan ideal untuk sistem server produksi.

  • Sebagai alternatif Slackware 10.0 menyertakan kode sumber Linux 2.6.7, kernel modules, dan binary packages, bersama tool baru mkinitrd dan petunjuk penggunaannya guna meng-instalasi kernel baru (lihat /boot/README.initrd). Menggunakan kernel 2.6, Slackware mendukung udev. Ini adalah sistem yang membuat device di /dev secara dinamis yang signifikan mengurangi device clutter dan memudahkan memantau devices mana yang sedang present.

  • System binaries dikaitkan dengan pustaka GNU C Library versi 2.3.2.

  • glibc versi ini telah di patch guna meningkatkan kompatibilitas dengan binaries yang telah ada.

  • X11R6.7.0: Merupakan rilis terkini X Window dari X.Org Foundation berbasis XFree86 4.4.0RC2. Versi 6.7.0 mendukung berbagai hardware, peningkatan funksionalitas dan perbaikan bug. Font rendering juga ditingkatkan menggunakan fontconfig dan freetype versi terakhir. Berkat sumbangan dari Bitstream, Inc. disertakan Vera truetype font family.

  • Peningkatan berarti (major) juga pada sistem cetak ( printing system) dengan menyertakan versi terbaru dari CUPS (1.1.20) dan LPRng (3.8.27). Di upgrade: Ghostscript interpreter menjadi ESP Ghostscript versi 7.07.1 yang memberikan sejumlah perbaikan diatas rilis GNU dari Ghostscript, termasuk penambahan drivers maupun integrasi yang lebih sempurna dengan CUPS. Dua IJS servers (printer driver suites for Ghostscript) disediakan bersama rilis ini: HPIJS, yang mendukung lebih dari 200 HP model Inkjet printer (perbandingan: 6o yg didukung Slackware 9.1). Aplikasi Gimp-Print yang disertakan, mendukung ratusan printers dari aneka vendors seperti Canon, Lexmark, HP, Epson, dan vendors lainnya.

  • Memasang (Installs) gcc-3.3.4 sebagai default untuk C, C++, Objective-C, Fortran-77, dan Ada 95 compiler. Versi gcc-3.4.0 disediakan sebagai alternatif.

  • Mendukung sepenuhnya jaringan sandi (encrypted network connections) menggunakan OpenSSL, OpenSSH, dan GnuPG.

  • Apache 1.3.31 web server dengan dukungan Dynamic Shared Object (DSO), SSL, and PHP.

  • Dukungan PCMCIA, CardBus, dan APM untuk laptops. (pcmcia-cs-3.2.7). Slackware kini menyertakan dukungan untuk 'hotplug' yang mendeteksi dan mengkonfigurasi kebanyakan hardware secara otomatis saat dipasang maupun dicabut. Sekaligus meginstalasi modul kernel yang dibutuhkan untuk sound cards dan hardware lain saat boot.

  • Perkakas (tools) pengembangan versi baru, termasuk: Perl 5.8.4, Python 2.3.4, dan graphical tools seperti Qt designer, KDevelop, dad Glade.

  • Versi yang diperbaharui untuk 'Slackware package management tools' memudahkan penambahan, menysihkan dan upgrade (easy to add, remove, upgrade) bahkan membuat paket Slackware pribadi Anda. 'Package tracking' memudahkan upgrade dari Slackware 9.1 ke Slackware 10.0 (baca UPGRADE.TXT di CD). 'The slackpkg tool in /extra' dapat membantu saat meng-update dari versi Slackware yang lebih kune ke yang baru, sekaligus memelihara agar sistem Slackware senantiasa up-to-date. Kecuali itu, the new slacktrack utility (in extra/) akan membantu membuat (build) dan memelihara (maintain) packages pribadi Anda.

  • Web browsers galore! Menyertakan aneka browser termasuk: Netscape Communicator version 7.1, Konqueror 3.2.3, Mozilla 1.7 (dengan dukungan anti-aliased font dan built-in junk email filtering), Epiphany 1.2.6, dan Galeon 1.3.15.

  • K Desktop Environment (KDE) version 3.2.3 lengkap, termasuk KOffice productivity suite, networking tools, GUI development dengan KDevelop, multimedia tools, the Konqueror web browser dan file manager, puluhan games dan utilities, international language support, dan banyak yang lainnya.

  • The GNU Network Object Model Environment (GNOME) version 2.6.1 (telah disertakan banyak updates untuk menyiapkan ke versi akan datang rilis 2.6.2).

  • Koleksi dari aplikasi berbasis GTK, termasuk abiword-2.0.6, gaim-0.78, gimp-2.0.2, gkrellm-2.2.1, gxine-0.3.3, dan pan-0.14.2.91.

  • Repository dari extra software packages dalam jumlah besar, telah dikompilasi dan siap pakai (ready to run). Diantaranya termasuk aneka window managers, dukungan untuk kartu 3Dfx gaming, OpenMotif-2.2.2, K3b: aplikasi CD-burning untuk KDE, libsafe (advanced buffer overflow protection untuk peningkatan sekuriti), dukungan ISDN, sejumlah driver tambahan untuk 802.11, dan banyak lagi lainnya (simak /extra directory).

  • Banyak paket-paket yang ditingkatkan dan diperbaiki terlalu panjang untuk disebutkan. Simak daftar selengkapnya disini untuk 'core packages in Slackware 10.0

  • Eklusif dari Slackware: Opsi instalasi menggunakan Slackware's ZipSlack yang super cepat, di kalim sebagai 'the fastest, _easiest_ Linux installation ever'. ZipSlack menyediakan 'basic text-based Linux system' dalam bentuk 45 megabyte ZIP archive. Hanya perlu 'unzip' di partisi FAT atau FAT32, edit partisi boot Anda di batch file: LINUX.BAT, dan Anda sudah mendapatkan Linux tokcer dalam waktu hanya 5 menit. Instalasi ZipSlack menyertakan segala yang Anda butuhkan untuk jaringan Linux (termasuk Ethernet, token ring, dan PPP), dan meningkatkan sistem Anda dengan paket-paket software tambahan seperti X. Sistem ZipSlack bahkan pas dimuat dalam sebuah Zip(TM) disk, dengan demikian Anda dapat membawa 'personal Linux system' Anda untuk mejalankan dimana saja menggunakan sebuah Zip(TM)drive (bila tersedia).




Google Docs & Spreadsheets -- Web word processing and spreadsheets. Edit this page (if you have permission) | Report spam